Tema Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan

Dalam Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan, WCC Nurani Perempuan memilih tema yang berbeda setiap tahunnya.

Dengarkan Korban dan Dukung RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, merupakan tema kampanye tahun ini. Tema ini merupakan gagasan bersama beberapa lembaga di Indonesia, termasuk forum pengada layanan. Pilihan tema ini dilatar-belakangi oleh semakin meningkatnya angka kekerasan seksual.

Nurani Perempuan mencatat dari laporan korban yang datang ke Nurani Perempuan sepanjang tahun 2016, kasus kekerasan seksual yang dilaporkan sebanyak 49,5%. Sedangkan sepanjang tahun 2013-2016 kasus kekerasan seksual yang dilaporkan sebanyak 46,75% dari seluruh kasus.

Gerak Bersama dengan Jaringan Peduli Perempuan Sumatera Barat untuk mengembangkan gagasan aktivitas kampanye, telah dilakukan Nurani Perempuan. Pembelajaran tahun-tahun sebelumnya mendorong Nurani Perempuan untuk memastikan keterlibatan dan manfaat dari masing-masing lembaga anggota jaringan dari pelaksanaan kampanye. Saat ini hampir 15 organisasi masyarakat sipil yang terlibat dalam pelaksanaan kampanye ini. Dan sepanjang pengalaman pelaksanaan kampanye pun, keterlibatan lembaga legiskatif dan eksekutif dan menjadikan mereka sebagai target advokasi merupakan bagian yang direncanakan secara baik.

Bagikan ini...